Belajar Berkarakter Melalui Kegiatan di Alam

Kegiatan di Alam

Kegiatan di Alam

Kegiatan Alam, Belajar tidak harus dari bangku sebuah institusi bernama sekolah. Di institusi ini kemungkinan Anda akan mendapat kesuksesan dalam akademis. Namun begitukah dengan karakter Anda? Pembentukkan karakter yang baik tentu menunjang dalam mencapai pendidikan akademis yang sukses. Hal ini senada dengan pernyataan Prof . Suyanto Ph.D, Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Menurutnya, pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti yang dapat membantu kelancaran dalam meraih pendidikan akademis. Saat ini, berbagai masalah dalam negeri seperti korupsi yang semakin bertebaran dikatakan merupakan dampak dari tidak baiknya mutu pendidikan karakter. Hal ini dikarenakan fokus pendidikan semata ditekankan pada pendidikan akademis saja.. Melalui kegiatan di alam, kita dapat belajar. Saat ini kegiatan di alam merupakan salah satu metode baru dalam kegiatan belajar. Hal ini menandai telah terjadinya perkembangan belajar.

Pendidikan Karakter Dari Kegiatan di Alam
Pendidikan karakter salah satunya didapatkan melalui kegiatan di alam. Saya akan mengambil satu contoh, mendaki gunung. Melakukan pendakian minimal membutuhkan sikap pantang menyerah dan berani. Ketika Anda menaiki gunung lengkap dengan menyandang sebuah tas carrier (sebutan yang umum digunakan untuk tas gunung) Anda sedang menjalani proses belajar. Mendaki gunung membutuhkan perjuangan yang keras. Carrier yang Anda pikul beratnya bisa berkisar 20-30 kilogram. Belum lagi medan yang harus dihadapi. Menyandang carrier sambil mendaki badan gunung yang terkadang dihalangi batu-batu besar dan pepohonan yang sulit ditembus tentu sulit.

Saat berada di gunung Anda akan merasakan sulitnya menemukan sumber daya air. Saat Anda mendaki gunung dengan perbekalan air seadanya, Anda akan merasakan betapa berharganya setangkup air. Tidak setiap saat Anda bisa menemukan sumber air di gunung.

Sikap pantang menyerah dan berani merupakan karakter yang harus dimiliki setiap anak bangsa. Penegakkan Negara Indonesia bebas korupsi tidak akan pernah berhasil bila aparat yang diserahi tugas langsung menyerah saat pihak yang terjerat sulit ditangkap. Entah apa karena pihak itu melarikan diri ke luar negeri, mendapat perlindungan dari “penguasa” tertentu, atau bukti yang dimiliki tidak cukup.

Menjaga ketersediaan sumber daya alam merupakan hal yang seharusnya digalakkan. Kelangkaan sumber daya alam telah menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup manusia. Sebut saja air yang dikatakan selalu tersedia telah mulai sulit didapatkan. Setelah mendaki gunung, Anda mungkin akan berpikir kembali untuk menghambur-hamburkan air.

Tentu bukan berarti seorang yang ingin memiliki sikap pantang menyerah, berani, dan menghargai alam harus menjadi pendaki gunung. Mendaki gunung hanyalah sebuah cara yang ditawarkan di antara cara-cara lain. Bagaimanapun pilihan ada di tangan Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s