Si Biang Keringat Pembawa Gatal

Biang Keringat

Biang Keringat

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga sering kali terkena berbagai penyakit kulit dan bisa menyebabkan kulit bayi merah. Kulit luar atau yang biasa disebut dengan epidermis pada bayi belum terbentuk dengan sempurna. Dibutuhkan waktu sekitar satu tahun agar epidermis ini bisa terbentuk sempurna dan memberikan perlindungan secara optimal. Struktur kulit bayi berbeda dengan struktur kulit pada manusia dewasa. Struktur pada bayi lebih tipis dan memiliki ikatan antar sel yang lebih halus. Pigmen pada kulit bayi pun lebih sedikit dan belum mampu mengatur temperatur seperti manusia dewasa.

Munculnya Biang Keringat
Salah satu penyakit kulit yang paling sering dijumpai pada bayi adalah biang keringat. Biang keringat atau yang biasa disebut dengan miliaria biasanya menyerang area tertentu pada kulit bayi seperti pada wajah, punggung, leher dan bokong. Miliaria ditandai dengan muculnya kulit berwarna merah dan beberapa gelembung kecil berair. Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi gatal sehingga bayi sering rewel.

Cara Mengatasi Biang Keringat
Penyakit biang keringat bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperi cuaca lembab, udara panas, pakaian ketat dan aktivitas bayi yang terlalu aktif. Apabila bayi sudah terkena penyakit ini, maka yang harus dilakukan adalah jangan biarkan bayi berada pada suhu yang terlalu panas. Berikan pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat untuk memungkinkan udara bisa keluar masuk dengan mudah. Biasanya, kulit merah bayi akan tampak membaik dalam waktu kurang dari satu jam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s