Perawatan Hidung Dan Telinga Pada Bayi Yang Baru Lahir

Membersihkan Telinga

Membersihkan Telinga

Pada bayi yang baru lahir, masih banyak kotoran sisa-sisa dari dalam kandungan yang belum bersih secara tuntas. Karenanya penting dilakukan perawatan bayi, terutama untuk daerah hidung dan telinga, karena kedua daerah ini berpotensi menyimpan kotoran di dalam lubang hidung maupun telinga.

Perawatan hidung.
Pada bagian hidung bayi, tidak memerlukan perawatan khusus karena memiliki daya pembersih otomatis. Kalau ada kotoran atau cairan yang keluar dari hidung bayi Anda, cukup dibersihkan saja bagian luarnya dengan tissue atau handuk yang lembut, tidak perlu mengorek ke dalam lbang hidung menggunakan jari anda atau tissue yang digulung kecil diujungnya, atau bahkan dengan cotton buds. Hal tersebut cukup beresiko karena dengan memasukkan benda asing ke dalam lubang hidung buah hati Anda, hanya akan membuat kotoran terdorong semakin kedalam, dan salah-salah Anda malah akan menggores dan mengenai membran yang sangat peka pada pembatas hidung buah hati Anda. Kalau bayi banyak mengeluarkan cairan karena pilek, jangan menghisap cairan di hidung bayi Anda dengan mulut Anda, karena mulut adalah sumber bakteri.

Perawatan telinga.
Seperti halnya hidung, membersihkan telinga bayi juga tidak boleh sampai masuk ke dalam, cukup dibersihkan kotoran yang berasa diluar saja, dengan menggunakan cotton buds dan air hangat supaya kotoran gampang diangkat. Untuk membersihkan kotoran di dalam lubang telinga, dokter memiliki alat khusus. Daun telinga bisa dilap dengan washlap dan air hangat, akan tetapi harus berhati-hati agar telinga tidak kemasukan air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s