Budaya Teh di Cina

Teh Ala Cina

Teh Ala Cina

Tidak seperti di Jepang dan Korea ataupun Eropa, kegiatan menyiapkan dan menyajikan teh di Cina tidak disebut sebagai suatu upacara, tapi budaya. Teh di Cina tidak hanya dinikmati dalam kesempatan formal maupun informal, tapi juga dikonsumsi secara teratur. Bahkan selain menjadi minuman, teh di Cina juga digunakan dalam pengobatan dan masakan. Artinya, teh benar-benar masuk dalam kebudayaan masyarakat Cina, tidak hanya dalam bentuk upacara. Itulah yang membedakan keunikan Minum Teh di Cina.

Yang juga unik dari budaya minum teh di Cina adalah berbagai keadaan khusus yang menjadi tujuannya. Yang pertama adalah sebagai tanda hormat. Generasi muda Cina selalu menunjukkan rasa hormat mereka terhadap orang yang lebih tua dengan menawarkan secangkir teh. Yang kedua adalah untuk pertemuan keluarga. Setiap hari Minggu, restoran Cina padat oleh para orang tua yang berkumpul dengan anak dan cucu-cucu mereka sambil menikmati secangkir teh.

Tujuan yang ketiga adalah untuk meminta maaf. Dalam budaya Cina, menuangkan teh kepada orang lain bisa menjadi perwujudan permintaan maaf yang serius. Selanjutnya yang keempat adalah untuk menyatakan terima kasih kepada orang tua, terutama saat hari pernikahan seorang anak. Dan yang kelima atau yang terakhir adalah untuk menghubungkan keluarga besar pada hari pernikahan. Dengan pernikahan, hubungan keluarga akan semakin besar dan Minum Teh bersama dianggap sebagai cara mengakrabkan antar anggota keluarga yang baru. Menarik, bukan?

Sumber..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s