Pengertian dan Penyebab Ruam Popok

Penggunaan popok pada bayi harus mendapat perhatian lebih bagi para orangtuanya, karena dengan jenis popok sembarangan dapat menimbulkan permasalahan pada kulit bayi sehingga terkena infeksi, bagian kulit yang selalu terkena ruam popok terletak pada paha, selain itu ada bagian yang paling rentan terkena radang yaitu pantat.

 

Dari beberapa ibu, mungkin belum tahu apa itu ruam popok?, Ruam adalah sebuah infeksi sekitar kulit bayi yang tertutup oleh popok.

 

Jaman yang modern, para ibu lebih memilih yang praktis dan mudah untuk merawat bayinya, namun kualitas produk yang dipakai tidak diperhatikan, padahal kecerobohan ini bisa berdampak negative yaitu gangguan kulit. Air urin yang tidak sempurna terserap akan menimbulkan zat amonia sehingga zat tersebut bersentuhan dengan kulit secara langsung dan terjadi peradangan yang sangat hebat.

 

Usia bayi dibawah 15 tahun sering mengalami kejadian ini, karena memiliki kulit yang tipis dan sangat rentan terkena iritasi. Faktor-faktor yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit bayi antara lain, kelembaban, kontak yang lama dengan feses atau urine, gesekan, dan popok yang terlalu ketat.

 

Soulusi untuk penyebab ini yaitu dengan mengganti popok sesering mungkin, usahakan jangan memakai popok berulang-ulang, bersihkan kulit buah hati anda dengan segera apabila popok sudah selesai dipakai, hindari penggunaan popok terlalu lama. selain itu bayi biasanya akan pipis 4 jam sekali bahkan satujam sekali, maka dari itu anda sebagai orangtua harus mengecek buah hatinya sesering mungkin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s