Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara-menghilangkan-bekas-jerawat6Bekas yang ditimbulkan jerawat di permukaan kulit dapat bermacam-macam. Selain menimbulkan hiperpigmentasi sehingga kulit jadi berwarna kehitaman, bekas jerawat juga dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi tampak berlubang. Kulit yang tampak berlubang akibat jerawat inilah yang sulit untuk dihilangkan. Perlu perawatan khusus untuk cara menghilangkan bekas jerawat yang berlubang. Berikut beberapa diantaranya:

1. Secara alami:
• Mencuci muka dengan menggunakan air rebusan daun sirih merupakan alternatif yang baik dalam cara menghilangkan bekas jerawat yang bandel. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih yang masih muda kemudian sobek daun tersebut. Rendam dalam air kemudian rebus selama beberapa menit. Tunggu sampai suhu air turun kemudian cuci wajah dengan air tersebut. Selain dapat membantu regenerasi kulit, air rebusan daun sirih juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

• Beras yang ditumbuk. Caranya rendam beras selama beberapa menit sampai teksturnya lunak, kemudian haluskan sampai berbentuk bubuk. Kemudian oleskan pada bagian kulit dengan bekas jerawat dan biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi selama 2-3 kali seminggu maka dalam beberapa minggu kulit wajah yang berlubang akan berangsur-angsur halus.

• Mengonsumsi air mineral minimal 1600 liter per hari atau setara dengan 8 gelas belimbing. Menjaga kulit tetap terhidrasi merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih bersinar dan segar. Jika kandungan air dalam kulit tinggi, maka kelembaban akan meningkat dan bekas jerawat perlahan-lahan akan memudar.

2. Perawatan klinik:
• Peeling. Perawatan menggunakan peeling pada klinik-klinik kecantikan dapat membersihkan kotoran dari dalam kulit, tidak hanya di permukaan saja. Sehingga sel-sel kulit mati berupa bekas jerawat akan terangkat dan kulit wajah menjadi lebih cerah.

• Mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi merupakan pilihan utama untuk menghilangkan bekas jerawat berlubang di wajah. Teknik ini menggunakan kristal-kristal mikro yang dapat mengelupas sel kulit mati sekaligus merangsang pembentukan sel kulit baru secara cepat sehingga kulit yang semula bolong akan “terangkat” dan menjadi halus.

• Laser. Perawatan menggunakan sinar laser menghasilkan panas yang ideal bagi kulit dan tidak berbahaya sehingga dapat mengelupas sel kulit mati bahkan pada lapisan yang sangat dalam sekalipun. Perawatan ini sebaiknya dilakukan apabila bekas jerawat yang ditimbulkan memang sangat dalam dan perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s