Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Penyebabnya

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang mencari cara untuk bisa terlepas dari tekanan darah tinggi yang mereka idap. Memang cukup berbahaya jika tekanan darah tinggi sudah dialami karena faktor datangnya beberapa penyakit berbahaya adalah dari darah tinggi ini, namun cara yang mereka lakukan adalah hanya sebatas obat tanpa ada keinginan untuk merubah pola hidup mereka. Untuk merubah pola hidup yang sudah menjadi kebiasaan memang sulit, namun jika kita ingin sembuh dan terhindar dari resiko beberapa penyakit berbahaya maka kita mesti memaksakan untuk menerapkan pola hidup sehat yang terdapat dalam tips menurunkan tekanan darah tinggi yang banyak disarankan serta menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan darah tinggi datang seperti :

  1. Tembakau

Tembakau adalah bahan untuk pembuatan rokok, banyak kandungan racun di dalamnya seperti nikotin yang akan meningkatkan darah sebesar 10 mm Hg setelah merokok. Selain orang yang merokok, orang yang tidak merokok tapi menghisap asapnya pun akan sama terancam resiko dari racun yang ada dalam asap tersebut yang dapat mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

  1. Kafein dan alkohol

Banyak sekali minuman yang sekarang ini banyak diproduksi dalam kemasan siap minum. Namun kita mesti teliti terhada kandungan yang ada di dalamnya karena ada yang mengandung kafein dan juga alkohol yang tinggi. kafein dan alkohol banyak dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 2 sampai 4 mm Hg, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya justru manfaat tersebut akan hilang dan akan membahayakan tubuh.

  1. Kurangi stres

Stres terhadap sebuah masalah adalah hal biasa yang dialami semua orang dalam hidup ini. Tidak ada orang yang belum pernah mengalaminya, karena masalah yang dapat menyebabkan stres bisa datang kapan saja tanpa di duga. Nah bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi, sebaiknya anda menyikapi masalah tersebut dengan cara yang tenang dan sehat. Anda bisa juga menyempatkan diri untuk melakukan istirahat, meditasi, mengikuti yoga, olah nafas dan pijat refleksi serta berbagai cara lainnya yang dapat membuat anda lebih tenang seperti berwisata atau berkumpul bersama keluarga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s