Apa Itu Pekerjaan Rumah Tangga? Kapan Mengajarkannya Pada Anak?

Apa Itu Pekerjaan Rumah Tangga? Kapan Mengajarkannya Pada Anak? – Menjadi ibu rumah tangga adalah suatu kodrat yang tidak bisa dihindari oleh semua wanita. Setelah menikah seorang wanita otomatis akan jadi seorang ibu. Apalagi jika sudah mempunyai anak,  walaupun ia seorang wanita karir namun jika sudah mempunyai suami dan anak, otomatis wanita tersebut akan menjadi ibu rumah tangga yang seutuhnya. Tugas ibu rumah tangga memang tidak sedikit. Dari mulai mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak sampai pada mengurus keperluan suami.

Apa Itu Pekerjaan Rumah Tangga? Kapan Mengajarkannya Pada Anak?

Jika seorang ibu tidak memiliki keahlian dalam mengurus pekerjaan rumah, biasanya sang suami akan ikut membantu. Namun jika seorang istri sudah terampil, seorang suami biasanya tidak perlu membantu pekerjaan rumah. Karena tugas suami saat ini terfokus pada mencari nafkah. Padahal jika diperhitungkan pekerjaan seorang ibu saat ini sangat banyak.

Baca juga : Pengertian Keluarga Sehat

Pendidikan anak juga saat ini menjadi tugas seorang ibu. Padahal pendidikan adalah tugas orang tua kedua – duanya bukan hanya ibu. Namun dengan kesibukan seorang ayah dalam mencari materi, hal ini menjadikan seorang ibu harus bisa menyisihkan waktunya untuk pendidikan sang anak.

Belajar sejak dini menjadi seorang ibu rumah tangga adalah cara yang tepat agar kelak jika sudah menikah, seorang wanita akan menjadi ibu yang terampil. Jika anda memiliki anak seorang wanita, mengajarkan pekerjaan rumah sejak dini tidak ada salahnya. Agar anak anda nanti bisa melakukan semua pekerjaan seorang ibu rumah tangga. Biarkan anak anda mengikuti apa yang orang tuanya kerjakan. Jika sedang memasak ataupun mengerjakan pekerjaan rumah, ajaklah anak anda ikut serta mengerjakannya. Agar nanti anak anda terbiasa dengan pekerjaan rumah.

Usia remaja biasanya usia yang sangat tepat untuk mengajarkan anak anda semua tugas ibu rumah tangga. Karena pada usia ini seorang wanita sudah mulai bisa bersolek diri dan ingin segala bersih. Dengan demikian dengan mengarahkan kearah yang benar maka anak anda akan bisa membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Membersihkan rumah, mencuci baju dan memasak adalah hal awal yang biasa anak usia remaja lakukan. Teruslah latih dan jangan dimarahi jika anak anda melakukan pekerjaan yang salah. Mengarahkan kearah yang benar jauh lebih baik daripada memarahinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s