Penyebab dan Cara Menghilangkan Stres

Stres merupakan suatu keadaan mental seseorang yang mengalami ketegangan yang melebihi batas normal, atau kondisi jiwa yang sedang tidak stabil. Stres terjadi akibat problematika kehidupan seperti masalah pekerjaan, masalah rumah tangga, masalah ekonomi, politik dan lain sebagainya.

Selain dari problematika kehidupan, stres juga dapat terjadi akibat berbagai penyakit yang dapat sangat mengganggu penderitanya hingga menimbulkan stres. Berikut beberapa penyakit yang bisa memicu hadirnya stres diantaranya adalah sakit kepala sebelah, sakit perut ketika sedang menstruasi, sakit gigi, penyakit tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Beberapa penyakit tadi merupakan penyakit yang dapat menimbulkan stres, jika anda merupakan salah satu penderita dari penyakit diatas, maka sebaiknya anda mulai menenangkan diri anda sebelum pemicu stres tiba.

Setelah mengetahui penyebab stres, lalu bagaimanakah cara menghilangkan stres? Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres yaitu dengan cara menenangkan diri misalnya dengan berlibur ketempat yang jauh dari hiruk pikuk kota, sehingga membuat diri anda merasakan kenyamanan dan sejenak melepaskan segala masalah yang ada. Selain berlibur untuk menenangkan diri anda bisa melakukan nya dengan cara latihan yoga, karena berlatih yoga dipercaya dapat membuat tubuh dan fikiran menjadi rilex. Dan satu hal yang paling mujarap dan ampuh untuk menenangkan diri tanpa berlibur ataupun berlatih yoga, yaitu dengan mendekatkan diri kepada Tuhan pencipta alam semesta, pemiliki segala kekuasaan. Cara ini sangat ampuh karena Tuhan adalah pemilik hati maka mintalah untuk tenangkan hati agar terhindra dari stres.

Selain dari menengkan diri, cara menghilangkan stres bisa juga dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang dipercaya dapat mengusir stres diantaranya yaitu yoghurt, minuman yang satu ini dipercaya dapat membantu agar pikiran menjadi tenang. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi makanan ringan, salah satu tips ketika anda sedang stres atau sedang marah anda bisa melampiaskan kemarahan dan kekesalan anda dengan memakan makanan ringan.

Tips Sederhana Mengatur keuangan keluarga

Bagi anda yang sudah berumah tangga atau berkeluarga tentunya mengatur finansial keluarga anda merupakan suatu urusan yang harus anda prioritaskan karena menyangkut masa depan anda dan keluarga. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mengatur finansial yang anda miliki salah satunya dengan cara konsultasi keuangan keluarga dengan orang yang sudah ahli dibidangnya. Nantinya anda pun akan diberi pengarahan dan kiat-kiat dalam mengatur finansial sebaik-baiknya. Selain itu ada juga beberapa cara lainnya yang dapat anda lakukan. Sebagai referensi, berikut ini akan saya paparkan beberapa tips sederhana bagi anda agar dapat mengatur finansial keluarga sebaik-baiknya:

1 . Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah memahami terlebih dahulu aspek keuangan anda. Beberapa caranya yakni sebagai berikut: mengetahui terlebih dahulu berapa banyak uang yang anda miliki setiap perbulannya, pendapatan anda serta mengetahui jumlah tagihan yang anda miliki dari mulai tagihan telepon, akses internet, listrik belanja bulanan dan lain-lain. Bagi anda yang memiliki kartu kredit, usahakan untuk mengetahui hutang kartu kredit yang anda miliki dan berbagai cicilan-cicilan lainnya seperti cicilan rumah, kendaraan dan sebagainya. Dengan mengetahui hal ini, nantinya anda pun akan lebih mengetahui secara detail berapa pengeluaran bulanan yang harus anda bayarkan.

2 . Melalui konsultasi keuangan keluarga yang anda lakukan nantinya anda pun dapat membuat perencanaan finansial yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Setelah mengetahui berapa pengeluaran bulanan, langkah selanjutnya anda pun dapat mengatur semua keuangan yang anda miliki yang nantinya akan anda arahkan kemana saja uang tersebut atau berapa banyak yang akan anda tabung. Usahakanlah untuk melakukan perencanaan finansial yang jauh lebih realistis jangan terlalu ideal dengan kebutuhan pribadi.

3 . Usahkanlah untuk menabung dan mengajarkannya kepada anak-anak anda agar nanti mereka dapat terbiasa untuk menyimpan uang. Menabung memiliki manfaat yang sangat baik bagi perencanaan finansial baik untuk kebutuhan yang konsumtif maupun kebutuhan yang bersifat formal seperti tabungan pendidikan anak anda agar pendidikan mereka dapat berlanjut ampai ke perguruan tinggi.

Tips Menyelesaikan Kegiatan Ibu Rumah Tangga Dengan Mudah

Tips Menyelesaikan Kegiatan Ibu Rumah Tangga Dengan Mudah – Menjadi seorang ibu rumah tangga berarti bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan dan kenyamanan rumah yang di tinggali keluarganya. Banyak hal yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga diantaranya adalah mencuci pakaian, mencuci piring-piring kotor dan juga membereskan rumah. Semua hal ini tidak dapat kita anggap sepele karena faktanya setiap kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat melelahkan dan menguras banyak energi. Seiring dengan perkembangan zaman dan juga teknologi kini kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi lebih mudah dengan bantuan alat dan juga bahan yang telah ditemukan oleh manusia. Dan berikut adalah beberapa tips menyelesaikan kegiatan ibu rumah tangga dengan cara yang lebih mudah untuk dilakukan.

Tips Menyelesaikan Kegiatan Ibu Rumah Tangga Dengan Mudah

Kegiatan pertama adalah kegiatan mencuci piring. Kegiatan ini tentunya menjadi sebuah kegiatan yang sangat melelahkan terlebih jika anggota keluarga anda berjumlah sangat banyak, hal ini juga dapat menjadi lebih parah apabila makanan yang anda konsumsi menimbulkan noda bandel dan bau amis yang sulit untuk dihilangkan. Namun kini anda tidak perlu khawatir karna baik noda bandel ataupun bau amis yang ditinggalkan dapat hilang dengan seketika dengan menggunakan sabun atau bahan yang terbukti ampuh. Contohnya dengan menggunakan sabun pencuci piring sunlight yang telah terbukti menghilangkan noda bandel dan juga menghilangkan bau amis pada piring.

baca juga : Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang dengan Mudah

Kegiatan yang kedua adalah kegiatan mencuci pakaian. Mencuci pakaian merupakan sebuah agenda harian yang tentunya tidak akan terlewatkan oleh anda para ibu rumah tangga. Hal ini juga akan menjadi terasa melelahkan jika anda merupakan bagian dari sebuah keluarga besar dengan intensitas kegiatan yang banyak. Kegiatan yang banyak pada umumnya mengharuskan kita untuk menggunakan dan mengganti pakaian dua atau tiga kali dalam sehari, sehingga cucian kotor juga semakin bertambah dan tugas kita pun ikut bertambah. Seiring perkembangan teknologi kini terdapat berbagai alat yang dapat meringankan beban kita sebagai ibu rumah tangga. Mesin cuci merupakan sebuah alat yang dapat kita gunakan untuk mencuci pakaian kotor. Kita hanya perlu memasukan air dan pakaian kotor yang hendak kita cuci pada mesin cuci, setelah itu kita tinggal menentukan waktu pencucian yang diperlukan. Pakaian kotor kita pun akan bersih tanpa harus mengeluarkan banyak energi. Dan itulah beberapa tips menyelesaikan kegiatan ibu rumah tangga dengan mudah.

Artikel terkait : http://www.keluargaharmonis.net/2016/01/25/tips-mewujudkan-kenyamanan-dalam-kegiatan-ibu-rumah-tangga-sehari-hari/

Gejala Diabetes Melitus Secara Umum dan Pencegahannya

Gejala Diabetes Melitus Secara Umum dan Pencegahannya – Penyakit diabetes merupakan gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh yang di perlihatkan dengaan meningkatnya kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes ini hanya dapat di buktikan dengaan hasil pemeriksaan oleh sebab itu kesadaran akan gejala diabetes melitus yang umum terjadi harus anda ketahui. Untuk penyebabnya paling umum adalah dikarenakan pola hidup yang tidak seperti obesitas, atau dapat juga akibat genetik. Satu-satunya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengontrol kadar gula dalam darah agar tidak tinggi.

Gejala Diabetes Melitus Secara Umum dan Pencegahannya

Sebelum melakukan pengobatan lebih lanjut, sebaikya anda harus berusaha melakukan pencegahan penyakit diabetes ini dengan mengontrol gula darah. Sebelumnya anda harus mengetahui gejala diabetes melitus secara umum agar anda segera memeriksakan diri sebelum penyakit diabetes anda menjadi lebih parah. Yuk langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Dengan Alami

Gejala awal diabetes yang selalu terjadi adalah sering buang air kecil pada waktu malam hari, selalu haus dan merasa lapar setiap saat sehingga membuat anda jadi ingin makan dan minum dalam jumlah banyak. Hal ini diakibatkan oleh tubuh yang tidak dapat menerima kandunngan gula yang tinggi dalam darah. Satu lagi gejala awal diabetes melitus adalah berkurangnya berat badan tanpa alasan yang jelas. Padahal makan dan minum dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menyerap glukosa sebagai sumber energi secara optimal.

Gejala tambahan pada penderita diabetes melitus adalah penyembuhan luka yang lambat. Jika anda memiliki luka ringan, namun sangat sulit sembuh atau bahkan bertambah parah ini harus anda waspadai sebagai gejala diabetes melitus. Hal ini diakibatkan oleh kekebalan tubuh yang memburuk dan tidak normal sebagai sebab dari tinggina kandungan gula dalam darah sehingga tubuh lebih sulit menyembuhkan luka. Pada kondisi diabetes yang parah luka kecil dapat menjadi ssangat parah dan tidak sedikit yang mengakibatkan bagian tubuh menjadi busuk dan lain sebagainya.

Selanjutnya gejala diabetes melitus yang sering terjadi adalah tubuh selalu lemas dan merasa lelah secara tiba-tiba. Hal ini tentu akan sangat mengganggu apalagi dapat membatasi gerak dan aktivitas dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Selain itu gejala yang sering timbul adalah kesemutan pada kaki yang sering muncul. Terlebih saat tidak melakukan apa-apa atau pada saat tubuh sedang duduk dalam waktu yang lama.

Dalam upaya pencegahan sebaiknya anda mengurangi konsumsi gula pada keseharian anda. Mulai hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kurangi makanan dengan kandungan karbohidrat serta lemak tinggi. Anda dapat mengganti gula anda dengan gula rendah kalori seperti Tropicana yang diproduksi khusus untuk penderita diabetes.

Artikel terkait : http://serbaweb.com/tips-mengatasi-gejala-diabetes/

Cara Membuat Minuman Segar Sederhana Es Teh Manis Beras Kencur

Cara Membuat Minuman Segar Sederhana Es Teh Manis Beras Kencur – Terkadang sobat merasa letih dan lelah yang berkepanjangan setelah jalani aktivitas seharian kan? Nah, dari situlah muncul rasa keinginan tahu bagaimana cara mengembalikan kondisi tubuh yang kuat dan fresh itu? Banyak cara sebenarnya untuk menyikapi hal semacam itu karena dengan minum minuman yang berenergi dan segar, dijamin kondisi tubuh sobat kembali kuat dan fresh. Namun perlu diketahui, menurut Mari Bicara bahwa dengan minum minuman yang segar dan berenergi justru berakibat buruk pada kesehatan jangka panjang. Bahkan sobat jika minum minuman yang berenergi secara rutin dijamin akan kecanduan dan sulit untuk dihilangkan. Lantas minuman apa yang kiranya cocok untuk mengembalikan kondisi tubuh yang fresh itu?

Cara Membuat Minuman Segar Sederhana Es Teh Manis Beras Kencur

Minuman yang paling tepat ialah es teh manis beras kencur. Lalu gimana cara membuat minuman segar sederhana ini? Berikut cara membuat minuman segar sederhana es teh manis beras kencur secara tepat menurut Mari Bicara :

Bahan-Bahan :

  • Teh celup 2 kantong
  • Kencur 1 ruas
  • Jeruk nipis peras ½ sdt
  • Cengkeh 1 ruas
  • Gula pasir 2 sdm
  • Air 250 ml
  • Kayu manis 1 batang
  • Beras 1 sdm yang di sangrai
  • Garam dapur secukupnya

Baca juga : Manfaat dari Teh Sariwangi

Cara Pembuatan :

  1. Didihkan air sebanyak 250 ml sekitar 3 sampai 4 menitan dengan api sedang, kemudian seduhkan teh celup.
  2. Rendamlah beras kurang lebih sekitar 1 jam, kemudian tiriskan. Lalu sangrai beras tersebut sampai kering atau berwarna kekuning-kuningan.
  3. Masukkanlah bahan ke dalam blender, diantaranya gula pasir, cengkeh, kencur, gula jawa dan garam serta air teh. Kemudian blender bahan-bahan tersebut sampai halus. Setelah itu, tambahkanlah air perasaan jeruk nipis pada tahap akhir.
  4. Saringlah pakai saringan yang halus.
  5. Sajikanlah dengan menggunakan gelas saji dan di atasnya hiasilah irisan tipis jeruk nipis.
  6. Teh manis beras kencur siap di hidangkan.

Demikianlah cara membuat minuman segar sederhana es teh manis beras kencur secara tepat untuk menunjang pengembalian kondisi tubuh yang fresh. Selamat mencoba dan segera buktikan kesegaran minuman sederhana ini.