Plastik Cuci AC Memang Penting Untuk Pelindung Indoor Unit AC

Plastik Cuci AC Memang Penting Untuk Pelindung Indoor Unit AC – Apa sih fungsi dari plastik cuci AC itu? Plastik cuci AC biasa disebut dengan plastik talang AC yang berfungsi sebagai penampung air ketika sobat ingin cuci indoor unit AC agar nantinya air tak membuat kotor ruangan. Sementara AC sendiri adalah sejenis alat elektronik yang fungsinya sebagai pembantu sirkulasi udara dan penurun temperatur dalam ruangan. Untuk itu diperlakukan perawatan khusus agar fungsi AC bisa berjalan sebagaimana mestinya. Lantas bagaimana tips untuk merawat AC agar tetap awet itu? salah satu caranya ialah dengan membersihkan AC secara teratur. Hal ini bisa dikatakan sebagai antisipasi agar AC sobat tidak cepat rusak. Nah, langkah yang perlu sobat lakukan untuk melakukan pembersihan pada AC ialah sebagai berikut :

Menyikapi Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Tak Ada Habisnya

  1. Bersihkan Filter Udara Pada AC

Cara paling efesien agar kondisi AC selalu bersih ialah dengan membersihkan AC pada bagian filter udara. Caranya, bukalah tutup indoor unit kemudian ambil filter yang bentuknya kayak jaring. Setelah itu, cuci filter AC tersebut menggunakan Sunlight agar benar-benar kinclong, lalu keringkan. Kenapa harus Sunlight? Karena Sunlight merupakan sabun peralatan rumah tangga yang ampuh dan dipercaya untuk membersihkan barang-barang rumah tangga. Jika sudah kering, pasang kembali filter tersebut di indoor unit. Disarankan untuk membersihkan filter AC kurang lebih satu sampai dua minggu sekali sebab filter letaknya hanya menempel di indoor unit maka tak berpengaruh besar terhadap mesin AC.

Baca juga : Menyikapi Kegiatan Ibu Rumah Tangga yang Tak Ada Habisnya

  1. Bersihkan Evapurator

Hal paling agar AC tidak gampang rusak ialah dengan rutin bersihkan evapurator karena evapurator fungsinya sebagai pendingin mesin AC, jika evapurator sangat kotor maka bisa memperlambat proses sirkulasi udara dan penyerapan panas. Cara membersihkan bagian evapurator ini, dengan membuka tutup indoor unit. Kemudian pasang plastik cuci AC agar air bisa mengalir secara tepat ke dalam pembuangan air. Bersihkan juga saluran air dan blower dengan cara menyemprotkan air dengan tekanan keras agar pembuangan air jadi lancar dan sirkulasi udara juga lancar.

  1. Bersihkan Kondensor

Kondensor ini juga berperan penting sebagai pembuang panas dari evapurator. Nah, untuk membersihkannya cukup menyemprotkan air dengan tekanan tinggi menuju sela-sela pada kondensor tersebut. Pastikan kembali apakah masih ada sisa-sisa kotoran yang tertinggal di sela-selanya kondesor, jika masih ada kotoran usahakan semprot kembali sampai bersih agar pembuangan panas kondensor semakin lancar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s