Inilah 5 Syarat Untuk Mendapatkan Perumahan Murah

Perumahan Murah – Memiliki tempat tinggal yang layak adalah salah satu dari hak dasar yang harus dimiliki oleh rakyat dalam suatu negara. Masalahnya, di Indonesia, hal ini tidak terlalu mudah untuk dilakukan lantaran banyak hal. Salah satunya adalah karena di sini, bidang properti lebih bersifat komersial, dan bukan menjadi sebuah komoditi. Beruntung, sekarang ini ada program untuk penjualan perumahan murah dari pemerintah yang disebut dengan Program Sejuta Rumah, yang diharapkan bisa jadi solusi.

Program Perumahan Murah

Program ini pada dasarnya adalah program untuk penjualan perumahan harga murah, di mana pemerintah dengan perantaraan Perumnas sebagai pengembangnya membangun rumah-rumah sederhana yang memiliki harga terjangkau. Rumah-rumah ini dikhususkan bagi rakyat dengan penghasilan rendah, yang biasanya akan mampu membayar cicilan rumah. Karena dalam program ini rumah sudah disubsidi sebagian oleh pemerintah, maka otomatis cicilannya juga lebih ringan.

Namun tak semua orang bisa mendapatkan rumah tersebut. Hanya orang-orang yang memenuhi syarat yang diperbolehkan untuk mendapatkannya, seperti:

  1. Merupakan rumah pertama

Rumah subsidi ini haruslah rumah pertama yang menjadi rumah subsidi Anda, dan bukan rumah yang kedua, ketiga, maupun seterusnya.

  1. Belum pernah disubsidi

Anda juga sebelumnya haruslah belum pernah menerima subsidi pemerintah, terutama ketika Anda sudah pernah menerima bantuan untuk rumah sederhana.

  1. Penghasilan sesuai syarat

Penghasilan Anda juga tak boleh lebih dari yang disyaratkan. Pada beberapa daerah, syaratnya adalah Rp3-4 juta/bulan. Sementara di tempat lain bisa Rp7 juta/bulan.

  1. Merupakan pegawai tetap

Anda juga haruslah sudah memiliki status sebagai pegawai tetap sehingga Anda dianggap mampu untuk membayar cicilan Anda.

  1. Hanya untuk keperluan pribadi

Anda juga tak boleh menggunakan rumah Anda tersebut untuk keperluan komersil, dan hanya untuk rumah pribadi saja. Setidaknya untuk 5 tahun pertama.

Ini masih ditambah dengan surat-surat keterangan lain seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), slip gaji, dan keperluan administrasi lainnya. Namun bagaimana pun juga, dalam program penjualan perumahan murah ini, hal-hal tersebut memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa yang mendapatkan rumah adalah orang yang tepat, dan bukan orang-orang yang akan memanfaatkan properti berharga murah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s