Sebelum Membeli Kenali Dulu Bedanya Jual Tiket Kereta Online dan Langsung

Sebagian banyak masyarakat, khususnya yang tinggal di pulau Jawa memang lebih senang mengandalkan sarana transportasi darat yaitu kereta dibandingkan dengan naik bus, karena untuk jadwal keberangkatan pasti dan juga jaminan terbebas dari macet. Bahkan jika banding-bandingkan dari segi harganya sendiri juga jauh lebih murah, sehingga banyak yang lebih senang berkendara naik sarana transportasi yang satu ini. Kini jual tiket kereta tak hanya bisa Anda temukan lewat stasiun saja, melainkan juga bisa dibeli secara online, mempermudah transaksi Anda tentunya.

Meskipun pada dasarnya kereta api ini bukan jenis sarana transportasi yang bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia, namun banyak konsumen yang mengaku jauh lebih senang melakukan perjalanan mengandalkan sarana transportasi darat ini karena jaminan keamanannya juga jauh lebih tinggi. Sangat jarang ditemukan ada kecelakaan yang melibatkan kereta api, apalagi sampai memakan korban jiwa. Berbeda dengan bus ataupun pesawat yang resikonya jauh lebih besar. Padahal dari segi tarif yang diberikan juga jauh lebih mahal.

Sejak tahun 2012 pihak dari PT. KAI memang mengeluarkan sebuah kebijakan baru dimana mereka tak hanya jual tiket kereta api langsung, melainkan juga secara online. Lalu apa yang membedakan kedua sistem penjualan ini, berikut yang hendaknya Anda ketahui, diantaranya:

1. Tarif, jika Anda membandingkan antara pembelian secara langsung dan juga online, maka tarif yang di posting untuk pembelian online hanya untuk kereta jarak jauh saja, misalnya adalah antar provinsi, sehingga dari segi harganya juga terbilang agak mahal, sedangkan untuk tiket dengan harga yang murah antar kota memang ada, namun biasanya bukan yang kelasnya ekonomi, contohnya dari Malang ke Surabaya yang bisa didapatkan dengan biaya 15 ribu rupiah untuk kelas Ekonomi, maka tarif yang diberlakukan di online bisa sampai 50 ribu rupiah, hanya untuk kelas bisnis dan eksekutif saja. Jadi jika ingin yang lebih murah cek langsung. Ada baiknya hanya membeli online ketika ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

2. Promo hanya bisa didapatkan untuk pembelian secara online, kemudian hal lain yang juga harus diketahui adalah dari segi tawaran promo istimewa misalnya adalah potongan harga, maka Anda yang membeli secara online berkemungkinan besar untuk dapatkan hal ini dibandingkan dengan yang tidak, mengingat jarang sekali diantara pihak penjualan yang ada di loket akan memberikan informasi tersebut, apalagi dengan antrian yang begitu panjang untuk pembeliannya.

3. Pembelian secara online bisa dilakukan secara mudah dan juga kapan saja, sedangkan untuk pembelian langsung tentunya harus mengikuti aturan yang sudah ada, contohnya adalah Anda ingin mendapatkan tiket kereta api secara cepat, maka datang di pagi hari dan ambil nomor antrian terlebih dahulu, bisa kembali lagi setelah pihak membuka pembelian, karena loket hanya akan dibuka pada jam 09:00 pagi saja hingga pukul 15:00 sore. Jadi memang ada batasan waktu kapan harus membelinya.

4. Pembelian secara langsung memungkinkan Anda menunggu hingga berjam-jam, hal ini dikarenakan antrian yang sangat panjang, apalagi untuk moment-moment penting layaknya liburan ataupun lebaran, bahkan terkadang meskipun loket belum buka, namun Anda sudah mendapatkan nomor antrian hingga ratusan, jadi harus sabar, berbeda dengan online yang bisa membeli kapan saja.

Itulah beberapa perbedaan antara jual tiket kereta secara langsung dan juga online, konsumen bisa membeli sesuai kebutuhannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s